Thursday 2 February 2012

Tips & Cara Pasang Photo - Image Blogger Profile


Klik image untuk memperbesar!

Mungkin saja di antara anda ada yang belum memasang image profile blogger sebagai kelengkapan widget profile. Meskipun aku kira semua blogger sudah mengetahui cara untuk menampilkan image profile ini, namun ada beberapa hal kecil seputar image profile perlu anda diketahui. Dibawah ini beberapa di antaranya:
  • Image profile blogger berukuran maksimal 80px (width) x 80px (height). Dengan mengetahui ukuran ini anda bisa memperkirakan bagimana dan dengan ukuran seberapa image profile yang akan digunakan.
  • Image profile dapat diupload melalui halaman dasboard dengan ukuran tidak dibatasi. Blogger secara otomatis akan memperkecil image dengan ukuran height maksimal 80px (dengan width=auto) atau width 80px (dengan height=auto) sesuai dengan perbandingan ukuran width dan height image yang diupload.
  • File image yang bisa dan umumnya dipergunakan adalah gif, jpg dan png. Jiika image atau photo yang akan dipasang menggunakan banyak warna sebaiknya pakai file berekstensi .jpg karena bebannya akan lebih kecil (enteng) jika dibandingkan .gif atau .png .
  • Image profile dapat dirubah ukurannya (diperkecil atau diperbesar) sesuka hati melalui kode CSS atau kode HTML.
  • Denagn menggunakan kode CSS dan html sebuah Image profile dapat dimodifikasi hingga mempunyai tampilan berbeda dari image profile blogger pada umumnya. Kesempatan melakukan modifikasi ini memberi peluang blogger untuk dapat memperindah blog melalui berbagai modifikasi pada image profile.

Mempertimbangkan kegunaan utamanya sebagai sebuah widget yang berfungsi sebagai media informasi tentang identitas diri pemilik blog serta melihat peluang yang dapat dimanfaatkan untuk memperindah blog, seperti yang tersampaikan di atas, akan lebih baik kiranya jika setiap blogger menggunakan widget ini. Bagi anda yang belum menampilkan image profile di blogger dan punya keinginan untuk segera memasang, silahkan ikuti panduan di bawah ini;

Cara Upload Image Blogger Profile

  1. Login ke Blogger. Gunakan alamat email atau user name (untuk gmail) dan password.
  2. Halaman Dasbor (Dasboard).
  3. Pilih dan klik Edit Profil atau Edit Photo.
  4. Halaman Edit Profil User | Foto Profil.
    • Setelah halaman Edit Profil User terbuka, cari "Foto Profile".
    • Upload Image profile. Jika image berasal dari PC anda, pilih dan klik "Dari komputer anda", kemudian lanjutkan klik "Browse".
    • Pilih dan tentukan image yang akan digunakan sebagai image profile.
    • Klik Open. Tunggu sampai proses upload selesai
  5. Jika ingin menambahkan teks pada profile anda, tuliskan beberapa hal yang berkaiatan pribadi anda atau hal yang lain pada box "Pendahuluan".
  6. Klik Simpan profile.
  7. Untuk kembali ke halaman dasbor, hapus sebagian alamat (URL) pada address bar (http://www.blogger.com/edit-profile.g?saved=true) dan sisakan http://www.blogger.com/. Klik "Enter".
  8. Selesai dan anda sudah kembali di halaman dasbor.
  9. Buka blog untuk melihat profil anda.

Catatan/Keterangan

Jika anda ingin sesuatu yang berbeda pada widget profile, silahkan buka panduan di bawah ini:
Menampilkan 2 photo di Widget Profile Blogger

0 comments:

Post a Comment

gubhugreyot: Demo & Tutorial